Friday, August 4, 2017

Kesadaran PNS Dalam Membayar Zakat Profesi Masih Rendah

GARUT - Kesadaran para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Garut terhadap zakat penghasilan hingga saat ini dinilai masih sangat rendah. Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Amil Zakat Nasinal (Baznas) Kabupaten Garut, R Aas Kosasih saat ditemui di ruang kerjanya.
Ia menyebut bahwa dari sekitar 20 ribu PNS Pemerintah Kabupaten Garut baru sekitar 5 persennya saja yang sudah menunaikan zakat penghasilannya. Dengan kondisi tersebut, ia menyebut bahwa dari target penerimaan zakat penghasilan sebesar Rp 5milyar dari para PNS di Garut baru terkumpul sekitar 250 juta saja.
"Itu artinya hanya baru sekitar 5 persen kurang dari target jakat penghasilan yang dihimpun dari para PNS yang ada di Garut ini. Memang bisa dikatakan program zakat penghasilan ini belum efektif diterapkan di kalangan PNS karena baru tahun ini disosialisasikan, semiga saja tahun yang akan datang kesadaran PNS terhadap membayar zakat penghasilan semakin meningkat," ujarnya, kemarin.
Jika melihat angka PNS yang sadar mengeluarkan zakat penghasilan diantara Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), para pegawai di Dinas Kesehatan yang palibg bagus kesadarannya. "Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari peran dan fungsi Kepaka Dinas Kesehatan yang intensif memberikan ruang untuk sosialisasi kepada Baznas Garut kepada para pegawainya" katanya.
Untuk Dinas Pendidikan yang jumlah pegawainya paling banyak, ia menyebut jika tingkat kesadaran mengeluarkab zakat penghasilannya masih kurang karena lemahnya sosialisasi. "Untuk sosialisasi tentabg zakat penghasilan kepada para guru yang jumlahnya ribuan memang harus kita akui masih lemah sehingga kesadarannya pun masih kurang" ungkapnya.
Adapun dana yang berhasil dikumpulkan oleh Baznas yang bersumber dari Zakat, Infaq, Shadaqah, diakuinya digubakan untuk menyukseskan program Garut Cerdas, Garut Sehat, Garut Taqwa, Garut Pedulu, dan Garut Makmur. "Program ini telah digulirkan sejak awal tahun 2017, dab program yang digulirkan oleh kita telah diterima oleh yang berhaknya diantaranya dari sumber zakat telah didistribusikan kepada 3.089 penerima zakat yang telah terverifikasi, sementara dari sumber infaq telah didistribusikan kepada 250 orang yang membutuhkan," jelasnya. (iql)

0 comments:

Post a Comment

Site Search